Tuesday, November 4, 2014

Endorse di Blog

Sejak kenal namanya internet dan tahu yang namanya blog, aku seneng bener ngintipin blogger dengan tulisan-tulisan mereka yang bagus. Kocak, pinter, menarik..
Akhir-akhir ini, beberapa blogger kesayangan sejak bertahun-tahun mulai jarang aku intip.
Bukan karena tulisannya jelek.
Bukan sama sekali.
Tulisan mereka tetap bagus.
Hanya aja sekarang mereka banyak posting endorsement buat produk.
Gak salah kok, gak salah sama sekali. Aku salut mereka dipakai merk terkenal untuk endorse di blog pribadi mereka.

Tapi...jadinya akyu malaysia cekbebicek blog mereka.

Pada dasarnya endorse (cmiiw) bertujuan agar yang baca jadi tertarik dengan produk tersebut. Menjual lah tujuannya.
Nah, aku nyaris selalu mindahin saluran tv sewaktu iklan. Lalu, kalo youtube nayangin iklan di awal viklip (dimana si iklan kudu ditonton seluruhnya sampe abis-bencik!), aku selalu matiin suaranya dan baca-baca web lain sampai itu iklan habis.
Menyadari  akhir-akhir ini beberapa blogger jarang posting selain endorsement, aku juga jadi kehilangan minat cek blog-blog tersebut. Sama dengan baca iklan kan.

Rindu sebenernya ama tulisan-tulisan mereka.
Kadang suka ceklak ceklik kesana.
Tapi jaraaa...nggg banget. Ini biasanya blog yang isi endorsementnya jauh melampaui yang non-endorse. Hak mereka kaleee, some of you might said.
Ember.
Makanya aku demen bener kalo blogger terkenal tetap produktif nulis non-endorsement.
Omong-omong, kalau blog isi endorsement doank...lama-lama blognya sepi juga mungkin ya?

No comments:

Post a Comment